Kultur Sepakbola Papua & Jawa Barat Paling Maju - DOGIMAUW,NEWS
Headlines News :
SELAMAT DATANG DIDOGIMAUW,NEWS......JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA...!!!
Home » » Kultur Sepakbola Papua & Jawa Barat Paling Maju

Kultur Sepakbola Papua & Jawa Barat Paling Maju

Written By Unknown on Rabu, 05 Juni 2013 | 08.30

Pelatih kawakan Rahmad Darmawan berpendapat, prestasi sebuah kesebelasan bisa ditunjang dengan kultur sepak bola di daerah asal. Semakin erat hubungan si kulit bundar dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, maka peluang lahirnya sebuah tim yang tangguh akan kian besar.

Melihat kondisi di Indonesia, pelatih yang kini menukangi Arema Cronous itu menunjuk dua klub dengan kultur sepak bola paling mendukung. Keduanya adalah Persipura Jayapura dan Persib Bandung. Menurut Rahmad, Papua dan Jawa Barat memiliki tradisi sepak bola yang sangat kental, bahkan hingga ada di setiap sendi kehidupan masyarakatnya.
“Secara kultur, yang seharusnya paling maju di Indonesia, ya Papua dan Bandung. Iklim sepak bolanya kental dan luas. Arema memang kuat, tapi hanya di Malang saja. Beda dengan Persipura yang menjadi milik hampir semua masyarakat Papua. Juga Persib yang tidak hanya milik orang Bandung, orang Jawa Barat pasti ke Persib,” ucap pelatih yang akrab disapa RD ini di kediamannya, Kota Malang, beberapa waktu lalu.
Namun, dia melihat perbedaan mencolok antara Persib dan Persipura. Tim Mutiara Hitam, menurut RD lebih konsisten dalam pembinaan skuad kebanggaannya. Hal itu terlihat dari kebijakan mereka yang tidak banyak merombak komposisi pemain maupun tim pelatih.
Sedangkan Persib, sebut RD, lebih cerdik dalam hal pembentukan sistem sepakbola moderen. Kuatnya kultur dan fanatisme masyarakat sepak bola Jawa Barat, mampu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melahirkan tim profesional.
“Persipura sudah empat tahun tidak ganti pelatih, sejak dipegang Jecksen F Tiago. Itu sangat menunjang pembentukan gaya bermain Persipura. Membentuk ideologi permainan sebuah tim itu tidak mudah, butuh waktu lama. Sedangkan Persib, saya tidak mengerti bagaimana caranya mereka menghidupi tim. Finansial mereka kok tidak pernah ada masalah ya,” tutur pelatih yang juga perwira TNI ini sedikit tertawa.
Berbicara peluang juara di kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini, RD mengakui Persipura memiliki kans paling besar. “Ya, di antara empat besar yang sekarang bersaing, harus saya akui Persipura peluangnya paling besar. Tapi bukan berarti tidak bisa digeser,” pungkas RD.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Recent Post

Popular Posts

TOTAL KUNJUNGAN

Flag Counter
 
Support : Creating Website | DOGIMAUW | BIDABY
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DOGIMAUW,NEWS - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by TEBAI-BOOH