Suara Mahasiswa Berbicara di Depan Umum - DOGIMAUW,NEWS
Headlines News :
SELAMAT DATANG DIDOGIMAUW,NEWS......JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA...!!!
Home » » Suara Mahasiswa Berbicara di Depan Umum

Suara Mahasiswa Berbicara di Depan Umum

Written By Unknown on Rabu, 19 Juni 2013 | 00.46

Oleh: Natalis Iyai )*
Mungkin banyak dari kawan-kawan yang bertanya, kenapa kita harus berani berbicara? Menurut kita, mungkin keberanian berbicara di depan umum hanya dibutuhkan oleh teman-teman yang aktif di organisasi, atau hanya dibutuhkan oleh seorang yang memimpin banyak orang. Benarkah demikian?.
Hal pertama yang mesti kita ketahui bahwa hidup kita selalu tidak terlepas jauh dari yang namanya berbicara dan komunikasi. Contohnya, saat kita berbelanja, di kampus, dan apa saja yang kita lakukan adalah bentuk komunikasi dan berbicara baik itu secara verbal dan non verbal.
Secara sederhana saja komunikasi adalah, proses penyampaian pesan antara pengirim dan penerima pesan. Menyampaikan pendapat, gagasan, ide, dalam bentuk apapun dalam koridor selayaknya itu dijamin dan dilindungi oleh negara.
Dengan bicara, kita bisa memberi tahu kepada orang lain apa yang kita inginkan, pikirkan, dan rasakan. Kita dapat meminta orang lain untuk menghentikan kekerasan, meminta menghormati hak-hak kita sebagai manusia, menyuarakan perdamaian, memotivasi teman, memengaruhi pembuatan keputusan, dan banyak lagi. Kita dapat melakukan perubahan atasi ketakutan, fokuskan pada keuntungan positif.
Hampir kebanyakan orang yang pernah merasakan situsai, mengecap suasana, bagaimana kita berbicara di depan umum. Yang namanya ketakutan, keringat dingin, gugup, gelisah, dan lain sebagainya adalah hal pasti kita alami bagi setiap kita yang baru mencoba berdiri, bicara di depan umum.
Hal ini menandakan, untuk berbicara di depan umum, menyampaikan ide, gagaan, pendapat, kita perlu memiliki keberanian. Keberanian untuk berkomunikasi, untuk berbicara. Artinya, ketakutan yang memenjarakan kita harus kita lawan dengan berani, agar menjadi berani, sehingga menjadikan kita tidak ragu untuk menyampaikan apa yang kita ingin sampaikan.
Dari berbagai sumber dapat kita ketahui, ada 9 penyebab ketakutan yang signifikan ketika berbicara di depan umum.
Pertama, Takut akan gagal. Ingin menyampaikan pendapat, namun kuatir akan salah menyampaikan, atau malah menilai pendapatnya tidak akan diterima, jauh sebelum ia menyampaikan. Ini lumrah dialami pemula yang sedang memberanikan diri bicara. Takut gagal malah kadangkala membuat ketakutan itu semakin besar.
Kedua, Tidak ada rasa percaya diri. Dalam arti lain, poin sini sama dengan pesimisme terhadap diri sendiri, merasa diri tidak mampu untuk melakukan hal tersebut.
Ketiga, Traumatis. Memiliki rasa takut dan merasa sendirian ketika berdiri di panggung dan semua mata melihat padanya.
Empat, Takut dinilai atau dihakimi. Hal ini terjadi karena adanya perasaan takut ketika banyak orang membicarakan dirinya atau pendapatnya.
Lima, Terlalu perfeksionis. Perfeksionis baik, tetapi terlalu perfeksionis dan berharap terlalu banyak pada dirinya sendiri malah membuat efek negatif.
Enam, Takut akan orang banyak. Merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika berbicara di depan puluhan, ratusan atau ribuan orang.
Tujuh, Kurangnya persiapan. Persiapan yang minim membuat rasa takut untuk berbicara di depan umum ini semakin menjadi-jadi.
Delapan, Stress. Menghindari stress ketika berbicara di depan umum. Sementara yang kesembilan, Blank: takut, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, apa yang harus dibicarakan ketika berbicara di depan umum.
Sementara menurut Ivy Naistadt dalam bukunya Speak Without Fear: A Total System for Becoming A Natural, Confident Communicator, kita memiliki beberapa ketakutan dalam berbicara di depan umum.
Pertama, Takut dikritik atau dinilai (secara negatif). Ketakutan ini sangat menyiksa. Kita jadi tidak pernah mencoba karena kita merasa bahwa apa pun yang akan kita lakukan tidak akan lebih baik. Kadang kita juga takut terlihat berbeda dari kebanyakan orang lain.
Dua, Takut dipermalukan atau dihina. Kadang kita takut kalau pendapat kita tidak bagus, kita akan mempermalukan diri sendiri. Hal ini juga bisa bersumber dari pengalaman trauma masa lalu.
Tiga, Takut secara emosional. Ini juga bisa berhubungan dengan pengalaman buruk masa lalu. Bisa saja karena kita pernah mencoba bicara di hadapan orang lain, tetapi malah ditertawakan. Akhirnya ini membekas dalam diri kita.

Kita semua pasti mempunyai cita-cita atau gambaran, akan menjadi seperti apa kita di masa yang akan datang. Dan tentunya, malu, gugup, keringat dingin ketika berbicara di depan umum mesti hilang, bila kita ingin sukses. Dan untuk menghilangkannya, kita perlu keberanian. Bagaimana cara kita memeroleh keberanian itu?.
Buka diri, menemukan dan mengakui: Temukan apa yang menjadi hambatan kita dan akui supaya kita bisa menetapkan rencana untuk mengatasinya. Kita bisa mulai berlatih dengan menuliskan sebanyak mungkin kemungkinan terburuk yang akan terjadi jika kita bicara.

Melepaskan ketakutan: Ini bukan tentang penting dan tidaknya isi pembicaraan kita, tetapi tentang sesuatu yang jauh lebih penting. Tuliskan ketakutan mengenai kemungkinan terburuk yang akan terjadi, lalu baca berulang-ulang. Sesudah itu, tuliskan daftar perubahan yang ingin kita capai. Pahami, bangkitkan, dan rasakan motivasi untuk berubah.

Hapus mitos-mitos: Banyak mitos yang ada di benak kita yang menghambat kita untuk berani bersuara, seperti kegugupan adalah pertanda kelemahan, semua yang kita katakan harus penting, semua berakhir kalau kita melakukan satu kesalahan. Siapa pun yang akan menjadi pusat perhatian punya kemungkinan untuk ditolak. Jadi, wajar kita merasa gugup! Kegugupan hanyalah tanda kelebihan energi yang harus dipelajari cara menguasai dan mengendalikannya.
Harus ada yang pertama kali: Semua orang yang kita lihat terampil bicara saat ini juga nervous waktu berbicara pertama kalinya. Kita harus mulai, harus ada praktik yang pertama untuk melakukannya. Cobalah, karena kalau kita tidak pernah mencoba, kita tidak akan pernah belajar.

Terus berlatih: Bulatkan tekad, Saya harus berani mencoba! Biar saja, mungkin saya merasa terhina seminggu atau sebulan daripada seumur hidup tidak pernah bisa. Kita bisa berlatih sendiri di rumah di depan cermin atau bersama teman dan minta teman memberikan masukan. Bicara langsung di hadapan orang lain adalah latihan yang paling ampuh.

Kuasai banyak informasi: Inti dari bicara (komunikasi) adalah menyampaikan pesan atau informasi. Jadi, setiap saat pelajari informasi yang kita butuhkan dalam hidup kita, termasuk informasi-informasi lainnya yang berpengaruh terhadap kita. Punya banyak informasi juga akan membantu kita untuk jadi lebih percaya diri.
***
Kawan, sa hanya mau pesan, kalo ko juga mahasiswa Papua, suara kita sangat dibutuhkan. Kita harus berani berbicara di depan umum. Saya menulis ini, bukan karena saya telah berani berbicara di depan umum. Bukan. Untuk menuju kesempurnaan, semua ada proses. Saya juga ada dalam tahapan proses menuju kesempurnaan.
Mari kita bersuara untuk tanah kita, bangsa kita di atas tanah Papua milik kita, semoga suara kita nyaring di telinga dia yang merusak hidup kita. Semoga nada suara kita begitu nyaring dan perkasa, karena tidak ada ketakutan terselubung dalam setiap getaran suara yang kita hasilkan, menyampaikan aspirasi kita, tanah dan bangsa Papua.
Torang smua tra kosong. Mari Maju bersuara demi harga diri!.
)* Penulis adalah mahasiswa Papua, alumni SMA YPK Tabernakel Nabire, angkatan tahun 2012. Saat ini kuliah di tanah Jawa.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Recent Post

Popular Posts

TOTAL KUNJUNGAN

Flag Counter
 
Support : Creating Website | DOGIMAUW | BIDABY
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DOGIMAUW,NEWS - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by TEBAI-BOOH